Thursday, June 26, 2014

Tips Penting Memulai Bisnis Franchise

Bisnis franchise kini mulai diminati oleh pengusaha muda di tanah air. Karena keuntungannya yang besar, ditambah modal yang tidak terlalu banyak membuat pengusaha mengambil franchise sebagai bisnis usaha yang dapat diandalkan. Sekilas tentang franchise, adalah suatu metode didalam sistem pendistribusian jasa dan barang. Bisnis franchise melibatkan 2 pihak, yakni franchisor yang meminjamkan hak dagang dan franchisee yaitu pihak yang membayar biaya karena sudah menggunakan hak dagang dari franchisor.
Walaupun terlihat mudah dan menguntungkan, tetapi bagi pengusaha yang baru mendalami dan akan mendirikan bisnis franchise ini harus memperhatikan beberapa tips penting supaya bisnis franchisenya berhasil.

1.    Mengerti Arti Bisnis Franchise
Sebelum memulai bisnis, sebagai pendiri kita harus tahu dan memahami dengan jelas apa arti dari bisnis franchise. Jika kita sebagai franchisee kita harus membayar royalti kepada franchisor. Antara franchisor yang mempunyai hak dagang dan franchisee yang meminjam hak dagang, keduanya sama-sama mendapat keuntungan. Yang intinya memasarkan jasa atau produk. Sehingga antara franchisee dan franchisor saling mendukung dan bekerjasama agar produk mereka bisa berhasil dipasarkan.

2.    Memilih Franchise Yang Bagus
Ketika ingin terjun ke bisnis franchise, hal penting yang harus diperhatikan yaitu memilih franchise yang bagus dan memiliki prospek ke depan semakin besar. Contohnya franchise minuman teh, dimanapun dan kapanpun teh selalu dicari orang saat haus. Karena minuman teh sudah dikenal oleh banyak orang.

3.    Bisnis Yang Mengikat
Harus disadari dari awal bahwa bisnis franchise merupakan bisnis yang mempunyai kontrak dengan franchisor. Dan setiap franchisor atau pemilik hak dagang memiliki peraturan berbeda-beda, tergantung individu. Jadi saat memilih satu jenis franchise, kita harus mentaati aturan dari sang pemilik hak dagang. Otomatis ide kreatif dan kebebasan terhadap produk yang kita jual tidak ada. Dan perlu diingat, sebagai franchisee harus membayar biaya yang besarnya ditentukan oleh franchisor. Biasanya biaya tersebut dibayar setahun sekali, sebagai biaya atas peminjaman nama atau hak dagang dari franchisor.

4.    Membuat Biaya Franchise
Bila sebagai franchisor atau orang yang ingin mendirikan bisnis waralaba, kita wajib membuat biaya waralaba yang ingin dirintis. Tetapi jika sebagai franchisee, atau yang meminjam hak dagang, diwajibkan membayar biaya hak dagang kepada franchisor.

5.    Mengerti Hak dan Kewajiban
Seorang franchisor atau pemilik hak dagang harus memberikan tutorial, pedoman secara lisan maupun tulisan kepada franchisee agar bisnis yang dijalankan berhasil dan sukses. Demikian juga dengan franchisee, wajib menjaga kerahasiaan dari produk/jasa yang dijual, selalu mencatat seluruh transaksi, memiliki hak asuransi dan lainnya.

No comments:

Post a Comment